Mau Menghilangkan Jerawat Dengan Belerang? Ini 6 Efek Sampingnya

Solusi.org – Menghilangkan Jerawat Dengan Belerang? Kehadiran jerawat menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang, khususnya bagi kaum wanita yang mendambakan kulit putih dan bersih, jerawat menjadi sebuah masalah besar yang harus cepat diselesaikan.

Belerang adalah salah satu perawatan jerawat tertua yang diketahui. Secara historis, belerang sudah digunakan pada zaman kuno untuk mengobati berbagai masalah kulit. Dari dermatitis dan ketombe hingga kutil.

Perawatan Wajah, Menghilangkan Jerawat Dengan Belerang

Belerang masih digunakan dalam produk perawatan kulit sampai sekarang. Belerang atau biasa disebut sulfur merupakan bahan kimia yang dihasilkan oleh alam.

Ia memiliki bau yang cukup khas. Untungnya, produk perawatan kulit belerang saat ini tidak berbau seburuk itu. Belerang tersedia dalam obat resep, serta produk perawatan jerawat yang dijual bebas.

Bagaimana Belerang (Sulfur) Bekerja Pada Kulit?

Ketika dioleskan, Belerang atau sulfur menyebabkan kulit kering dan mengelupas. Terlepas dari bagaimana ini terdengar, sebenarnya hal yang baik untuk kulit anda jika anda berjerawat.

Pertama, belerang membantu mengurangi sifat manis di mulut kulit. Kedua, membantu sel kulit mengelupas lebih efektif, sehingga penyumbatan pori-pori kulit yang menyebabkan jerawat tidak berkembang.

Belerang juga memiliki sifat antimikroba, sehingga membantu menjaga propionibacterium acnes yang menyebabkan jerawat.

Belerang, Obat Terbaik Untuk Jerawat Ringan Sampai Sedang.

Belerang atau sulfur bekerja efektif jika anda memiliki jerawat ringan atau sedang. namun perlu diketahui, belerang atau sulfur tidak efektif untuk jerawat yang sudah masuk dalam kategori parah.

Belerang Untuk Perawatan WajahJika Anda memiliki jerawat merah, atau komedo, atau kombinasi keduanya, belerang adalah salah satu opsi terbaik yang dapat memperbaiki kulit wajah Anda.

Belerang ditemukan dalam beragam produk perawatan kulit, termasuk sabun dan pembersih, lotion, masker, dan perawatan di salon. Belerang adalah salah satu perawatan jerawat pokok di banyak spa dan salon kulit.

Perawatan wajah menggunakan sulfur atau belerang mengandung resorsinol atau natrium sulfasetamid. Zat atau Bahan-bahan ini memberikan tambahan sifat anti-inflamasi dan pelembab dan membuat perawatan lebih efektif.

Efek Samping Belerang

Sebelum memilih belerang atau sulfur sebagai pengobatan wajah, penting untuk mempertimbangkan efek samping yang dapat diperoleh dari solusi perawatan jerawat ini.

Iritasi kulit

Karena belerang mengandung sifat kimia yang kuat, ia dapat menyebabkan iritasi kulit yang berlebihan, seperti kemerahan, bengkak, gatal, dan mengelupas.

Ini karena kemampuan belerang untuk mempercepat pertumbuhan dan pergantian sel kulit. Jika Anda memiliki kulit ruam, kulit kering, atau terbakar sinar matahari, sulfur dapat memperburuk efeknya.

Perubahan warna kulit

Banyak pasien menemukan bahwa menggunakan produk dengan kandungan belerang atau sulfur yang tinggi dapat menyebabkan perubahan warna kulit yang nyata.

Daerah di mana kulit baru terungkap sebagai hasil dari perawatan belerang dapat muncul putih, abu-abu, dan hitam yang bisa sementara atau permanen.

Kelebihan Sebum atau Minyak

Mungkin tampak aneh bahwa produk yang disebut-sebut mengeringkan kulit dan melawan prevalensi jerawat akan menghasilkan lebih banyak produksi minyak. Tetapi itu adalah salah satu efek samping yang disayangkan dalam beberapa kasus penggunaan sulfur.

Kulit yang menjadi terlalu kering dapat memicu produksi lebih banyak minyak, yang dapat memperburuk kondisi jerawat – masalah yang harus dihindari.

Reaksi alergi

Banyak yang mengalami reaksi alergi terhadap bahan kimia dalam belerang. Reaksi alergi ini dapat berupa ruam kulit hingga efek parah termasuk pembengkakan wajah, gatal-gatal, atau kesulitan bernapas.

Belerang sering dikombinasikan dengan natrium sulfacetamide, Ingat kombinasi ini tidak baik untuk mereka yang mengalami alergi kulit.

Jadi penting untuk membaca daftar bahan pada produk apa pun yang Anda beli. Mereka yang alergi terhadap obat sulfa harus menghindari kombinasi ini, karena dapat mengakibatkan reaksi yang parah.

Bau yang Kurang Menyenangkan

Meskipun bukan efek samping, beberapa produk sulfur memang memiliki bau yang kuat atau menyengat. Produk sulfur alami dan organik dan yang tanpa pewangi tambahan umumnya lebih berbau.

Baunya yang luar biasa dapat menyebabkan sakit kepala. Namun pada umumnya pasien berjerawat mencari produk belerang yang mengandung wewangian. Namun, sayangnya penambahan wewangian dapat memperburuk jerawat dan mempengaruhi jenis kulit sensitif lebih parah.

Kekhawatiran Kehamilan

Untuk wanita yang sedang hamil atau sedang hamil, penting untuk mendiskusikan penggunaan produk sulfur dengan dokter mereka. Balai Pengawasan Obat dan Makanan Amerika (FDA) memasukkan sulfur sebagai obat berkategori C untuk kehamilan.

Ini berarti itu menunjukkan efek buruk pada janin dalam hal ini penelitian pada janin hewan. Namun, tidak ada studi lebih lanjut  yang menunjukkan hasil yang sama untuk manusia.

Belerang dapat bereaksi buruk dengan resep perawatan jerawat dan menghasilkan iritasi dan sensitivitas terhadap sinar matahari jika dikombinasikan dengan produk yang salah.

Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan belerang untuk perawatan jerawat dalam kombinasi dengan obat resep.

Perawatan Wajah, Menghilangkan Jerawat Menggunakan Belerang?

Perawatan jerawat berbasis belerang atau sulfur dapat digunakan sendiri, atau dapat digunakan bersama dengan perawatan jerawat lainnya. Melakukan hal ini dapat membantu menghilangkan jerawat Anda lebih cepat.

Belerang Untuk Menghilangkan Jerawat
produk jerawat dari belerang

Belerang sejak zaman dahulu menurut banyak orang dapat juga digunakan untuk menghilangkan jerawat. Belerang atau sulfur dapat merangsang terbentuknya kulit baru yang lebih halus dan mampu mengangkat sel kulit mati.

Belerang juga mampu menjaga kelembaban kulit dan juga sebagai bahan anti-bakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab munculnya jerawat.

Sangat mundah untuk mendapatkan belerang, ambillah belerang secukupnya dan campurkan dengan air hangat kemudian oleskan ke wajah yang terdapat jerawat, atau cukup pergi ke pasar tradisional dan carilah sabun belerang.

Bisa juga pergi ke permandian air panas dekat gunung sebab air panas didekat pegunungan banyak mengandung belerang atau sulfur yang baik untuk menyembuhkan penyakit kulit ataupun jerawat. Itulah cara atau solusi menghilangkan jerawat dengan belerang.

Meskipun memiliki bau yang cukup menyengat namun khasiat belerang sangat baik untuk kulit. Belerang merupakan mineral alami yang berasal dari alam yang banyak ditemukan di mata air panas di kaki pegunungan.

Belerang dapat dibeli dengan harga yang cukup terjangkau dan hasil yang diperoleh ketika meggunakan belerang cukup ampuh tidak berbeda jauh atau bahkan sama dengan produk perawatan wajah yang berharga mahal.

Selain Jerawat, Apa saja Manfaat Belerang Untuk Kulit?

Selain Menghilangkan Jerawat Dengan Belerang, belerang juga berguna sebagai bahan perawatan kulit. Beikut manfaat lain belerang untuk kulit :

Mengatasi gatal-gatal pada kulit.

Kulit sering mengalami gatal-gatal? solusinya gunakanlah belerang. Belerang sangat efektif untuk mengatasi penyakit kulit khususnya gatal-gatal pada kulit. Cukup gunakan sabun belerang yang bisa dibeli di pasar tradisional atau supermarket jika tersedia.

Atau ambil belerang secukupnya kemudian tumbuk halus campur dengan merica sebanyak 3 butir dan juga buah pala, ambil setengahnya saja kemudian hasil tumbukan yang sudah halus campur dengan sedikit air dan juga minyak tanah.

Oleskan hasil campuran tersebut pada kulit yang gatal-gatal. Atau jika anda senang bepergian ke gunung, carilah permandian air panas di bawah kaki gunung kemudian berendamlah.

Mencegah penuaan dini dengan belerang

Orang dulu percaya bahwa belerang dapat mencegah dari penuaan dini. Bagi orang yang lanjut usia penuaan memang merupakan masalah yang biasa terjadi.

Namun jika umur masih muda dan kulit sudah terlihat kering dan keriput itu merupakan sebuah masalah. Menggunakan belerang maka kulit yang terlihat keriput.

Terlihat juga bintik-bintik disekitar wajah akan hilang dan wajah akan kembali kencang bahkan terlihat lebih halus.

Belerang Dapat Mengobati Panu

Punya penyakit Panu? Gunakanlah belerang untuk mengatasi panu atau kurap. Cukup dengan campuran belerang dan minyak goreng kemudian oleskan sedikit pada kulit yang terkena panu atau kurap.

Jika dilakukan secara rutin maka peyakit panu atau kurap akan hilang. Cara ini banyak digunakan oleh orang-orang yang memiliki masalah pada kulit.

Banyak orang mengolah belerang menjadi krim, sabun ataupun juga salep yang bermanfaat untuk perawatan kulit. Itulah sedikit informasi mengenai Solusi Menghilangkan Jerawat Dengan Belerang dan manfaat belerang untuk perawatan kulit.

Penggunaan bahan alami tentu lebih aman dibanding dengan menggunakan bahan perawatan kulit dari produk kimia. Namun semua kembali lagi kepada diri kita masing-masing mana yang terbaik.

Semoga informasi tentang solusi menghilangkan jerawat dengan belerang ini dapat bermanfaat untuk pembaca solusi.org. 🙂

Comments
Loading...