Penyebab dan Solusi Atasi Rambut Rontok Dengan Perawatan Alami Di Rumah

Solusi.org – Penyebab dan solusi atasi Rambut Rontok. Rambut Disebut sebagai ‘mahkota kemuliaan’, Kerontokan rambut yang berlebihan bisa menjadi masalah yang merepotkan.

Hal ini seringkali menyebabkan kekhawatiran dan memengaruhi kepercayaan diri, terutama bagi wanita. Namun, jika perhatikan dan dirawat dengan benar, Anda dapat mengontrol rambut yang rontok dengan melakukan perawatan alami di rumah secara alami dan efektif.

Rambut yang tertata dengan baik maka akan terlihat cantik dan rupawan. Namun semua itu percuma jika rambut sering mengalami kerontokan hingga kemudian mengalami masalah serius yaitu kebotakan.

Banyak orang sangat tidak ingin hal tersebut terjadi. Tetapi percayalah kerontokan rambut dapat di atasi sehingga meminimalisir bahaya kebotakan yang dialami.

Mengapa Rambut Rontok Bisa Terjadi?
Perawatan Perawatan Rambut untuk Mengatasi Rambut Rontok

Kekurangan Gizi

Bisa jadi nutrisi penting mungkin hilang dari makanan Anda seperti zat besi, tembaga, seng, dan protein. Kekurangan vitamin D adalah penyebab lain dari rambut rontok. Untuk menghindari ini, pastikan untuk mencukupinya.

Ketidakseimbangan Hormon

Menurut penelitian, setelah usia 30 tahun, wanita bisa mengalami ketidakseimbangan hormon yang bisa menyebabkan rambut rontok. Ini biasanya disebabkan oleh konversi dihydrotestosterone (DHT) yang berlebihan.

Meskipun estrogen adalah hormon utama yang diproduksi wanita, testosteron dan androgen lainnya seperti Dehidroepiandrosteron juga terjadi pada tubuh wanita.

Ketika wanita mencapai usia tertentu, misalnya 30 tahun. Mereka mungkin mulai mengubah androgen ini menjadi DHT.

Masalah tiroid

Jika kelenjar tiroid yang berada di bagian depan leher menghasilkan hormon tiroid yang berlebihan atau tidak mencukupi, maka siklus pertumbuhan rambut dapat berubah.

Namun, jika Anda memang memiliki masalah tiroid, Anda akan melihat gejala-gejala lain bersamaan dengan kerontokan rambut seperti penambahan atau penurunan berat badan, sensitivitas terhadap dingin atau panas, dan perubahan detak jantung.

Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Wanita dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS) memiliki ketidakseimbangan hormon yang membuat kadar androgen lebih tinggi dari biasanya. Ini sering menyebabkan rambut tumbuh di wajah dan tubuh, sementara rambut di kepala tumbuh lebih tipis.

PCOS juga dapat menyebabkan masalah ovulasi, jerawat, dan penambahan berat badan.

Pil KB

Pil KB dapat menyebabkan rambut rontok. Hormon dalam pil yang menekan ovulasi dapat menyebabkan rambut menipis, terutama pada wanita dengan riwayat keluarga yang mengalami kerontokan rambut.

Kadang-kadang rambut rontok dapat terjadi ketika Anda berhenti minum pil. Obat lain yang terkait dengan kerontokan rambut adalah pengencer darah dan obat-obatan yang mengobati tekanan darah tinggi, penyakit jantung, radang sendi, dan depresi.

Stres

Stres berlebihan dapat menyebabkan kerontokan rambut secara tiba-tiba yang dapat berlangsung selama beberapa bulan. Meminimalkan stres melalui olahraga, meditasi yoga, dan pijat akan mengurangi kemungkinan Anda mengalami kerontokan rambut.

Produk penataan rambut

Rambut yang terlalu banyak dirawat dapat menyebabkan kerontokan rambut. Hal ini karena bahan kimia beracun yang ditemukan dalam pewarna dan produk penataan rambut.

Hampir semua shampo mengandung Sodium lauryl sulfate (SLS) yang memiliki efek toksik atau racun pada sistem kekebalan tubuh Anda.

Ini bisa merusak folikel rambut dan menghambat pertumbuhan rambut. Namun dianjurkan untuk tetap menggunakan sampo dan pewarna alami.

Masalah Medis Tentang Kerontokan Rambut

Telogen effluvium. Menurut Shapiro J, (2002), Telogen Efluvium (TE) adalah pelepasan rambut telogen dalam jumlah berlebihan yang disebabkan oleh kelainan siklus rambut, tanpa disertai peradangan.

Perawatan Rambut dan Solusi Mengatasi Rambut Rontok
Ini Penyebab dan Solusi Mengatasi Rambut Rontok

Dalam kondisi ini biasanya orang kehilangan sekitar 100 rambut sehari. Tetapi kadang-kadang rambut rontok semakin cepat karena stres, penyakit, pengobatan, atau hormon. Alopesia androgenetik.

Biasa disebut sebagai kerontokan permanen atau kebotakan. Pada wanita, rambut mereka umumnya menipis di bagian atas, area depan, tepat di belakang garis rambut, tetapi tetap tebal di belakang.

Alopecia areata. Biasa disebut sebagai kondisi dimana rambut rontok karena serangan kekebalan tubuh terhadap folikel.

Hal ini menyebabkan rontoknya rambut rontok dan dapat menyebabkan kebotakan total. Dalam banyak kasus, rambut dapat tumbuh kembali.

Penuaan. Seiring bertambahnya usia, laju pertumbuhan rambut kita cenderung melambat. Helai rambut menjadi lebih kecil dan memiliki lebih sedikit pigmen, dan rambut menjadi lebih tipis, halus, dan abu-abu.

Agar rambut Anda tetap sehat, makanlah makanan yang membantu menjaga tubuh Anda awet muda, dan juga rambut Anda.

Jika Anda memiliki rambut beruban secara prematur, Anda dapat menggunakan suplemen alami yang dapat membantu Anda.

Genetika. Kerontokan rambut yang bersifat genetik dikenal dengan istilah androgenetic alopecia. Dan ini dikenal sebagai penyebab paling umum dari kerontokan rambut.

Gen tersebut dapat diwarisi dari sisi keluarga ibu atau ayah, anak cenderung memilikinya jika kedua orang tua mengalami kerontokan rambut.

Perawatan Alami Di Rumah Untuk Rambut Rontok

Putih telur

Telur kaya akan sulfur, fosfor, selenium, yodium, zink dan protein. Zat ini secara bersama-sama membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Untuk membuat masker dari telur, cukup pisahkan putih telur dari kuningnya dan taruh dalam mangkuk. Tambahkan minyak zaitun dan madu sebanyak satu sendok teh.

Aduk hingga menyatu kemudian oleskan di kulit kepala secara merata. Setelah 20 menit, bilas dengan sampo ringan.

Akar Manis

Licorice Licorice atau biasa disebut sebagai akar manis. Ramuan menggunakan licorice mencegah rambut rontok dan kerusakan lebih lanjut pada rambut.

Bahan ini juga membantu merawat kulit kepala dan menghilangkan serpihan kering / ketombe. Untuk mengolahnya, campur dalam satu cangkir dengan dengan takaran satu sendok makan akar manis.

Serta campurkan seperempat sendok teh kunyit. Oleskan ini pada kulit kepala dan rambut Anda dan biarkan semalaman. Keesokan paginya, cuci rambut hingga bersih. Ulangi cara ini sebanyak dua kali seminggu.

Teh hijau

Teh hijau sudah terkenal kaya akan antioksidan. Zai ini membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut.

Rendam dua-tiga kantong teh dalam secangkir air panas. Diamkan hingga dingin. Saat dingin, tuangkan ini ke kulit kepala dan rambut Anda, sambil memijat lembut kepala Anda. Kemudian, bilas dengan air dingin setelah satu jam.

Lidah buaya

Lidah buaya (Aloe Vera) adalah obat alami yang efektif untuk rambut rontok dan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Lidah buaya banyak dipakai oleh perusahaan sebagai bahan baku shampoo.

Lidah buaya juga Ini juga efektif dalam mengurangi masalah kulit kepala seperti gatal dan mengelupas. Ambil tangkai lidah buaya kemudian kupas. Oleskan isi lidah buaya ke rambut dan kulit kepala. Biarkan selama sekitar 45 menit.

Bilas dengan air sampai bersih. Lakukan cara ini hingga tiga hingga empat kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Jus bawang

Sifat-sifat antibakteri dalam bawang membantu melawan infeksi kulit kepala. Sementara kandungan belerang meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut. Ini membantu pertumbuhan rambut dan mengendalikan kerontokan rambut.

Cukup giling bawang kemudian peras dan ambil hasil perasannya. Celupkan kapas ke dalam perasan bawang dan oleskan ke kulit kepala secara merata.

Biarkan selama 20 hingga 30 menit. Kemudian cuci menggunakan air hingga bersih serta gunakan sampoo. Ikuti prosedur ini seminggu sekali dan lihat perbedaannya.

Metode Diet Untuk Mendapatkan Rambut Sehat

Perawatan langsung menggunakan bahan alami dan sampo memang berperan dalam menjaga kesehatan rambut. Perawatan itu juga membuat rambut berkilau, dan kuat.

Berikut Metode diet yang sehat untuk mendapatkan rambut sehat.

Bayam

Kekurangan zat besi adalah penyebab utama rambut rontok. Bayam tidak hanya merupakan sumber zat besi, tetapi juga vitamin A, C, dan protein.

Ini juga mengandung sebum yang bertindak sebagai kondisioner alami untuk rambut dan memberi kita asam omega-3, magnesium, kalium dan kalsium. Membantu menjaga kulit kepala sehat dan rambut berkilau.

Wortel

Wortel membantu mencegah kerusakan rambut. Dikenal baik untuk mata, wortel mengandung Vitamin A yang juga meningkatkan pertumbuhan rambut. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kulit kepala kering dan gatal.

Wortel dikenal dapat menambah ketebalan rambut, membuat rambut berkilau, meningkatkan sirkulasi darah, memperkuat rambut, melindungi rambut dari kerusakan eksternal.

Misalnya seperti polusi dan juga membantu mencegah kerusakan rambut dan rambut rontok.

Telur

Telur membangun kembali rambut yang rusak. Karena rambut terdiri dari 68 persen protein keratin, telur membantu dalam membangun kembali rambut yang rusak. Mereka juga kaya akan vitamin B yang disebut biotin yang membantu rambut tumbuh.

Oat

Oat untuk rambut sehat. Oat kaya akan serat, zink, zat besi, asam lemak omega-6 dan asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) yang merangsang pertumbuhan rambut. Ia juga membuat rambut tebal dan sehat.

Kacang kenari

Kacang kenari menguatkan kutikula rambut. Kacang kenari mengandung biotin, vitamin B (B1, B6 dan B9), Vitamin E, banyak protein dan magnesium.

Zat tersebut semuanya memperkuat kutikula rambut dan menyehatkan kulit kepala. Ini membantu melindungi sel-sel dari kerusakan DNA yang mungkin disebabkan karena paparan sinar matahari atau ultra violet.

Kacang-kacangan Mengandung sumber protein, zat besi, seng, dan biotin. Mereka juga sarat dengan asam folat yang diperlukan untuk memulihkan kesehatan sel darah merah yang memasok kulit dan kulit kepala dengan oksigen yang sangat dibutuhkan.

Ayam

Ayam memperkuat rambut yang rapuh dan mencegah kerusakan. Daging tanpa lemak seperti ayam atau kalkun kaya akan protein berkualitas tinggi yang memperkuat rambut rapuh dan mencegah kerusakan.

Stroberi dan jambu biji

Stroberi dan jambu biji untuk kekuatan rambut. Stroberi mengandung kadar silika yang tinggi. Silica adalah mineral penting untuk kekuatan rambut dan pertumbuhan rambut.

Makanan lain yang kaya akan silika termasuk nasi, gandum, bawang, kol, mentimun dan kembang kol. Vitamin C juga mencegah rambut menjadi rapuh dan patah.

Sementara, kita sering menganggap jeruk sebagai sumber vitamin C terbaik, satu paket jambu biji empat hingga lima kali lipat.

Yoghurt

Yogurt meningkatkan kesehatan folikel rambut. Yogurt dikemas dengan Vitamin B5 dan Vitamin D yang dikenal dapat meningkatkan kesehatan folikel rambut.

Ubi jalar

Ubi jalar beta karoten melindungi rambut kering dan kusam. Beta karoten melindungi rambut kering dan kusam. Ia juga merangsang kelenjar di kulit kepala Anda untuk membuat cairan berminyak yang disebut sebum.

Buah dan sayuran berwarna oranye seperti Wortel, labu, blewah, mangga dan ubi adalah sumber yang bagus untuk ini.

Kunci Penting Dalam Perawatan Rambut Agar Sehat

Pangkas Secara Teratur

Rambut yang rusak memiliki tekstur seperti jerami, dan dapat dipotong untuk mendorong pertumbuhan rambut dan menghilangkan ujung rambut yang bercabang.

Stres

Stres adalah salah satu penyebab utama banyak masalah kesehatan, termasuk rambut rontok. Ini juga dapat mengubah proses pertumbuhan rambut dan menyebabkan beruban dengan cepat.

Sekali lagi, Cobalah mengendalikan diri dengan yoga secara teratur dapat menjadi penghambat stres yang baik.

Hindari mandi air panas

Mandi air panas sangat nyaman, namun hal itu mengeringkan helai (seperti kulit), dan mengupas kulit kepala. Ia juga membuat rambut kering, rapuh yang lebih rentan terhadap kerusakan.

5/5 (1)

Beri Rating Artikel Ini

Comments
Loading...