Inilah Solusi Mengatasi Masalah Keuangan

Inilah Solusi Mengatasi Masalah Keuangan

Solusi.org – Inilah Solusi Mengatasi Masalah Keuangan. Keuangan merupakan salah satu faktor paling penting dalam kehidupan. Hal ini perlu menjadi perhatian, khususnya untuk pribadi atau yang sudah berkeluarga. banyak orang yang masih bingung dan sulit dalam mengatur keuangannya sehingga ketika ia terkena masalah keuangan apakah itu terlilit utang atau kredit di Bank maka timbul perasaan stress dan bingung oleh karena itu bersyukurlah mereka yang tidak mempunyai utang. Masalah mengenai keuangan banyak dialami oleh orang-orang. Ini terjadi ketika jumlah pengeluaran lebih besar daripada jumlah pendapatan sehingga disini terjadi sebuah kondisi yang tidak stabil dan diperlukan perbaikan. Mungkin solusi berikut bisa di praktekkan oleh anda jika sedang memiliki masalah keuangan  :

Solusi Mengatasi Masalah Keuangan

Melakukan Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Pengeluaran

Mengatur Masalah Keuangan

Ini sangat perlu, menyusun anggaran tidaklah sulit, anda dapat mempelajarinya dengan mudah. yang pertama terlebih dahulu buatlah daftar pendapatan serta pengeluaran anda setiap bulan. Dengan daftar tersebut anda dapat mengetahui apa apa saja pengeluaran anda dan pendapatan anda, daftar ini juga menjaga agar pengeluaran tidak lebih besar dari penghasilan ibarat seperti lebih besar pasak daripada tiang. Terus bagaimana menyusun anggaran yang baik? Apa saja yang harus dimasukkan ke dalam daftar anggaran itu?

  1. Pendapatan, terlebih dahulu buatlah daftar pendapatan anda. Dalam daftar ini berisi berapa jumlah pendapatan seperti gaji, pendapatan usaha (jika ada), bunga rekening yang didapatkan dari tabungan atau deposito di bank. Ingat! Yang tercatat atau dimasukkan dalam kolom pendapatan ini hanyalah pendapatan rutin saja yang sifatnya pasti setiap bulannya. Jangan mencatat atau memasukkan pendapatan yang sifatnya tidak rutin seperti bonus, uang lembur, hadiah, komisi ataupun THR dari perusahaan. Banyak konsultan keuangan berpendapat bahwa memasukkan pendapatan yang tidak pasti ini ke dalam susunan anggaran pendapatan maka dapat terlilit hutang. Ada baiknya jika mendapatkan bonus atau komisi dapat disumbangkan atau di sedekahkan sebab lebih bermanfaat, bisa juga dipergunakan untuk mentraktir teman atau keluarga mempergunakan pendapatan tidak pasti ini.
  2. Pengeluaran. Nah daftar ini tidak mudah untuk membuatnya. Hal yang pertama diketahui adalah dalam membuat anggaran pengeluaran ini terlebih dahulu ketahui bagaimana kebiasaan dalam berbelanja. Setelah itu masukkan daftar pengeluaran yang menyangkut kebutuhan pokok seperti anggaran untuk makan, pakaian ataupun rumah yang rutin dikeluarkan setiap bulannya. Setelah itu menyusul pengeluaran rutin dalam jangka waktu tertentu tiap beberapa bulan ataupun tahunan seperti pajak kendaraan, pajak penghasilan atau pajak bangunan ataupun juga biaya asuransi. Setelah daftar pengeluaran sudah selesai dimasukkan kemudian buatlah skala prioritas atau beri nilai untuk setiap pengeluaran mana yang menurut anda kebutuhan mutlak.
    • Tabungan. Menurut para perencana keuangan, tabungan merupakan salah satu anggaran pengeluaran yang paling penting di antara pengeluaran lain. Disarankan untuk menyisihkan sedikit penghasilan atau pendapatan anda untuk di tabung. Mengapa? Sebab ketika tiba-tiba berada dalam keadaan darurat, tabungan akan cukup membantu ketika sedang mengalami kesulitan. Trust me :). Kemudian hindari gaya hidup yang terlalu boros, dengan menabung lebih baik.

Mengatasi Masalah Keuangan Dengan Utang? Apakah Efektif?

Mengatasi Keuangan Dengan Utang

Jika diperhatikan, ketika dalam keadaan terdesak banyak orang menempuh cara seperti ini. Tapi sebenarnya tidak baik. Selama masih ada cara lain selain berhutang untuk menyelesaikan masalah keuangan maka sedapat mungkin hindarilah utang. Kebanyakan orang mempunyai pikiran bahwa dengan melakukan pinjaman atau utang dapat mengatasi solusi keuangan. Namun ingat baik-baik, utang yang tidak terkendali dapat menghancurkan kehidupan seseorang. Memang ada beberapa jenis utang yang dapat menjadi aset penting misalnya kredit kepemilikin rumah. Rumah merupakan aset yang berharga dan harganya setiap tahun terus menerus meningkat dan bermanfaat bagi anda. Kemudian selanjutnya hindari menggunakan kartu kredit (jika punya) secara berlebihan sebab meskipun dapat membiayai kebutuhan anda ini bisa juga menjadi malapetaka jika anda tidak dapat melunasi utang kartu kredit anda. Hindari pemborosan dengan menggunakan kartu kredit. Pergunakan kartu kredit sebaik mungkin, jangan gunakan jika masih bisa menggunakan alat pembayaran lainnya seperti tunai atau memakai kartu debit. Lebih baik gunakan kartu debit. Dan yang terpotong adalah tabungan anda. Bukankah hidup lebih menyenangkan tanpa berhutang. 😀

Tips Memperbaiki Masalah Keuangan

Cobalah Berinvestasi.

Investasi merupakan sebuah usaha atau langkah penting yang dapat dilakukan untuk membantu keuangan. Langkah ini dapat dilakukan jika kondisi keuangan atau pendapatan sedang baik atau utang sudah dilunasi. Anda dapat menginvestasikan uang ke produk-produk investasi seperti emas, properti, ataupun saham. Namun sebelum berinvestasi, pelajarilah terlebih dahulu resiko ataupun keuntungannya. Anda dapat membaca artikel Keuntungan dan Resiko Bisnis Properti? atau Investasi Emas di Pegadaian, Apa Keuntungannya? sebagai bahan informasi atau referensi anda jika anda berminat dalam berinvestasi di emas atau properti. Dengan berinvestasi, maka hasil yang anda dapatkan akan menambah pendapatan anda dan membantu keuangan anda.

Membeli Produk Asuransi

Asuransi merupakan salah satu produk keuangan yang banyak ditawarkan saat ini, Asuransi dapat menjadi proteksi bagi anda dan dapat membantu ketika sedang sakit dan melakukan pengobatan di rumah sakit maka asuransi akan menjadi penolong bagi anda. Saat ini sudah banyak jenis-jenis dari produk asuransi, anda dapat memilih asuransi jiwa atau asuransi kesehatan. Pelajarilah setiap produk asuransi yang ingin anda ikuti.

Buatlah Dana Cadangan dan Ubah Kebiasaan Buruk.

Dana cadangan ini akan sangat berguna ketika hal-hal yang sifatnya tidak terduga terjadi. Misalnya terjadi pemutusan hubungan kerja di perusahaan ataupun kecelakaan. Untuk itu sisihkan terus gaji atau pendapatan untuk di tabung dan yakinlah suatu saat akan ini berguna untuk hal yang tidak terduga. Selain itu ubahlah cara atau kebiasaan buruk dalam menggunakan uang. Perhatikan kebiasaan buruk anda yang selama ini membuat boros dalam hal keuangan.

Berkomunikasi Dengan Keluarga

Komunikasi dengan keluarga merupakan salah satu faktor penting dalam penyusunan anggaran keuangan. Selain itu buatlah komitmen hidup lebih sederhana. Jangan mudah terpengaruh dengan promo murah dengan iming-iming cicilan yang terjangkau. Sehingga utang bertambah. Komitmen pada kebutuhan pokok dan paling penting jangan lupa menabung dan sedekah.

Itulah sedikit informasi mengenai solusi mengatasi masalah keuangan yang terkadang menjadi masalah umum bagi pribadi maupun keluarga. Semoga informasi ini dapat menjadi masukan yang bermanfaat bagi pembaca sekalian. Tetap Semangat 🙂

Tentang Penulis

“…Menulis seperti memahat sebuah peradaban, semoga selembar artikel yang saya tulis hari ini, bisa jadi menjadi sumber inspirasi bagi jutaan orang di masa yang akan datang.”