Ketahui Dampak Buruk Begadang Dan Cara Mengatasinya

Ketahui Dampak Buruk Begadang Dan Cara Mengatasinya

Ketahui Dampak Buruk Begadang Dan Cara Mengatasinya. Begadang merupakan salah satu kebiasaan yang biasa dilakukan manusia jika sudah larut malam. Kebiasaan begadang tidak baik bagi kesehatan. Banyak riset yang memperlihatkan kebiasaan bedadang sangat buruk dampaknya bagi tubuh manusia. Saat ini begadang sudah menjadi tradisi bagi masyarakat modern, banyak aktifitas seperti pekerjaan kantor, tugas kuliah atau ada aktifitas lain yang dikerjakan sehingga membuat orang terpaksa begadang. Keseringan begadang menyebabkan pola tidur makin tidak teratur sehingga berdampak besar bagi kesehatan tubuh. Berikut yang perlu anda ketahui tentang Dampak buruk Begadang :

  • Wajah Pucat, Sering Lelah dan  Kurang Bersemangat
    Sebuah penelitian dari Universitas Pennsylvania menjelaskan bahwa begadang dan kurang tidur selama enam jam akan mengyebabkan tubuh banyak melepaskan hormon stress serta kortisol. Banyaknya kortisol menyebabkan pecahnya zat kolagen dan protein yang ada dalam kulit. hal ini dapat dilihat dari muka yang terlihat pucat, sering lelah, adanya lingkaran hitam di bawha mata, dan kurang bersemangat. Selain itu penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa kurang tidur akan menyebabkan sedikitnya hormon pertumbuhan yang keluar. Perlu diketahui bahwa hormon pertumbuhan hanya diproduksi ketika sedang tidur.
  • Menurunya Kekebalan Tubuh Karena Begadang
    Dampak buruk lain dari begadang adalah daya tahan tubuh menjadi menurun dalam hal ini kekebalan tubuh terhadap penyakit. sering tidak enak badan, mudah terkena flu serta batuk adalah contoh dari hal tersebut. Penyakit akan dengan mudah masuk ke tubuh dikarenakan kekebalan tubuh berkurang. Penyakit berbahaya lain seperti gangguan ginjal, stroke, serta gangguan paru-paru dapat diakibatkan karena begadang sebab tubuh akan dipaksa beraktifitas atau bekerja penuh semalaman dan perlu diketahui bahwa tubuh butuh istirahat dan ketika tidur, tubuh membuang racun yang terdapat dalam tubuh serta memperbarui sel-sel.
  • Susah Berkonsentrasi atau Sulit Fokus
    Sudah jelas begadang akan mengakibatkan seseorang menjadi susah untuk fokus dan sulit berkonsentrasi dalam beraktifitas atau bekerja sehingga orang menjadi pelupa . Idealnya tubuh perlu beristirahat selama enam jam, kurang dari enam jam maka anda akan merasa pusing atau kurang bersemangat. Ada penelitian di Amerika serta Perancis yang mengatakan bahwa otak ketika tidur akan memproses memori jangka panjang yang disebut “sharp wave ripples” yaitu suatu keadaan dimana otak melakukan proses kemampuan mengingat. Dan ini terjadi ketika orang sedang beristirahat atau tidur.
  • Sering Mengantuk
    Sudah tentu begadang akan mengakibatkan orang menjadi mudah mengantuk. Idealnya tubuh butuh istirahat dalam waktu enam hingga delapan jam, begadang akan membuat istirahat tidak tercukupi. Sebuah studi di Amerika mengatakan bahwa kecelakaan di jalan raya penyebabnya adalah kelelahan, diakibatkan mengemudi dalam keadaan mengantuk dimana rata-rata korban berusia di bawah 25 tahun.
  • Pola Makan Menjadi Tidak Teratur
    Efek buruk lain dari begadang adalah pola makan menjadi kacau atau tidak teratur padahal pola makan yang teratur sangat perlu untuk tetap menjaga kondisi kesehatan tubuh. Begadang akan membuat pola makan menjadi tidak sehat dan jauh dari kata teratur.
  • Efek Lain Begadang Terhadap Psikologis
    Pengaruh lain begadang yang berdampak terhadap pikiran adalah seseorang menjadi gampang stress sehingga mengakibatkan depresi, selain itu orang menjadi sering terlihat gelisah dan mudah marah. Resiko begadang juga mengakibatkan munculnya penyakit jangka panjang seperti hipertensi, penyakit jantung, stroke, obesitas, Alzheimer serta kardiovaskuler selain itu akan mempengaruhi hormon.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Kebiasaan Begadang?
Seringkali begadang bukan kebiasaan tetapi mungkin karena ada tugas atau pekerjaan sehingga mengharuskan begadang. Begadang sehari tidak menjadi masalah, yang menjadi masalah adalah begadang yang menjadi kebiasaan dan sering dilakukan setiap hari. Inilah yang menjadi permasalahannya sebab dampaknya sangat tidak baik bagi kesehatan. Mengatasi kebiasaan begadang dilakukan dengan cara mengurangi begadang itu sendiri. Adapun solusi yang perlu anda lakukan untuk mengurangi begadang adalah sebagai berikut :

  • Perbanyak Konsumsi Air Putih
    Perbanyak minum air putih karena tubuh ketika begadang akan banyak kekurangan cairan sehingga menyebabkan dehidrasi, air putih lebih baik dikonsumsi ketika begadang daripada teh atau kopi. Bagi Pria sendiri, air putih membantu peningkatan testosteron.
  • Mandi Air Hangat di Pagi Hari
    Banyak yang mengatakan bahwa Sangat berbahaya jika mandi setelah begadang tetapi sebenarnya itu tidak benar. Orang yang mandi dengan air dingin ketika selesai begadang maka mereka hanya merasa pusing saja, tetapi jika anda orang yang memiliki penyakit jantung maka mandi di pagi hari setelah begadang sangat tidak di anjurkan sebab akan terjadi penyempitan pembuluh darah yang mengalirkan oksigen ke jantung sehingga aliran pasokan darah ke jantung menjadi terganggu sehingga beresiko terhadap kematian.
  • Perbanyak Konsumsi Makanan berVitamin dan Kacang-kacangan
    Ada baiknya anda mengganti cemilana atau makanan anda ketika begadang dengan makanan yang bervitamin seperti buah-buahan, mengkonsumsi kacang hijau atau kacang merah ketika begadang akan memberi kalori yang cukup ketika begadang. Dengan Tambahan vitamin pada pagi hari akan membuat tubuh menjadi lebih kuat dan tahan penyakit.
  • Olahraga Di Sore Hari
    Jika anda telah begadang sebelumnya, lebih dianjurkan untuk melakukan olahraga sore, hal ini guna mengurangi insomnia selain itu olahraga sore akan menguras energi di sore hari sehingga membantu anda untuk dapat tidur secara teratur serta olahraga juga dapat menyehatkan tubuh anda, sehingga ketika anda bangun keesokan harinya maka anda akan merasa segar dan lebih semangat untuk beraktifitas.

Semoga artikel mengenai Dampak Buruk Begadang Dan Cara Mengatasinya dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Semua usaha tersebut kembali pada diri kita masing-masing, jika kita ingin tubuh kita sehat dan semangat dalam beraktifitas maka teraturlah dalam menjalankan pola hidup sehat. Semoga Sukses.

Tentang Penulis

“…Menulis seperti memahat sebuah peradaban, semoga selembar artikel yang saya tulis hari ini, bisa jadi menjadi sumber inspirasi bagi jutaan orang di masa yang akan datang.”