Hiperpigmentasi Kulit? Begini Cara Mencegahnya

Solusi.org – Terpapar matahari untuk jangka waktu yang lama atau karena penuaan menyebabkan bintik-bintik atau bintik-bintik hitam di wajah dan tubuh Anda.

Bagaimana cara mencegah hiperpigmentasi kulitIni adalah gejala hiperpigmentasi, yang berarti bahwa kulit lebih gelap dari daerah sekitarnya. Meskipun kulit hiperpigmentasi tidak berbahaya, tetapi Anda tetap harus menemukan cara untuk mencegah kulit yang sehat.

Bagaimana cara mencegah hiperpigmentasi kulit?
Melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya untuk mencegah hiperpigmentasi

Yang pertama dan paling penting adalah bahwa semua masalah kulit berasal dari kontak kulit dengan matahari. Jika Anda tidak ingin kulit Anda menjadi gelap dan menyebabkan pigmentasi kulit meningkat, Anda perlu melindungi kulit Anda dari efek sinar matahari.

Anda perlu menghindari kontak kulit dengan sinar ultraviolet, yang merupakan hal paling mendasar untuk membatasi pigmentasi kulit. Berikut ini beberapa tips untuk membantu Anda melindungi kulit Anda dari sinar matahari:

  • Tetap di dalam ruangan atau berbayang, yang akan membantu Anda menjaga kulit Anda dalam kontak langsung dengan matahari, terutama dari jam 10 pagi hingga 4 sore. Jika Anda harus pergi keluar, tutup payung atau cari tempat di bawah pohon atau tempat teduh;
  • Anda harus menerapkan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih dan dilindungi terhadap sinar UVA dan UVB. Pada siang hari, ketika Anda pergi keluar selama lebih dari 2 jam atau setelah berenang atau berpartisipasi dalam kegiatan luar ruangan yang menyebabkan Anda berkeringat, Anda harus mengoleskan kembali tabir surya setiap 60 hingga 90 menit;
  • Pilih topi dan pakaian yang tepat saat pergi keluar untuk melindungi kulit. Anda harus memilih kemeja lengan panjang, celana panjang tebal. Warna yang lebih gelap akan membantu mencegah sinar UV lebih efektif daripada warna terang. Anda dapat memilih topi bertepi lebar untuk menutupi wajah, kepala, telinga dan leher Anda. Kain dengan kain tebal seperti sinar UV sangat bagus. Anda harus menghindari menggunakan topi jerami karena mereka memiliki lubang kecil yang memungkinkan sinar matahari menembus;
  • Anda harus mengenakan kacamata hitam untuk melindungi mata dan kulit tipis di sekitar mata dari kontak langsung dengan efek berbahaya matahari. Selain itu, Anda harus menggunakan jenis kacamata hitam yang dapat melawan sinar UVA dan UVB.
Rutinitas perawatan kulit harian adalah hal yang terpenting

Selain melindungi kulit Anda dari sinar ultraviolet, kunci untuk memperdalam lingkaran hitam adalah mempertahankan rutinitas perawatan kulit dengan produk pemutih yang tepat. Anda dapat merujuk ke saran berikut:

  • Hindari menggaruk, menggaruk atau meremas jerawat atau cokelat. Anda tidak harus menyentuh wajah Anda beberapa kali;
  • Gunakan pembersih ringan, terutama sebelum Anda pergi tidur. Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk pembersih wajah yang diiklankan untuk mengurangi kegelapan karena waktu pencucian yang singkat tidak cukup bagi pemutih untuk menembus kulit. Karena gesekan dapat menyebabkan bintik-bintik gelap pada kulit, jadi setelah mencuci wajah, gunakan handuk lembut untuk menyerap air di wajah Anda, hindari menggosok wajah Anda terlalu keras;
  • Gunakan pelembab untuk menenangkan iritasi pada kulit. Setelah menerapkan lotion pada kulit, Anda harus memijat kulit dengan lembut;
  • Jika kulit Anda kering, sensitif, atau menua, sebaiknya dikupas 1-2 kali seminggu. Jika kulit Anda adalah campuran minyak alami (menuangkan banyak pelumas) maka Anda harus melakukan pengelupasan 2 hingga 3 kali seminggu.

Orang tidak bisa menghindari penuaan kulit seiring berjalannya waktu. Namun, Anda juga dapat memperlambat proses ini dengan memeriksa kulit Anda secara teratur dan menerapkan perawatan kulit yang tepat.

Jika Anda merasa perubahan kulit mengganggu dan itu membuat Anda khawatir, Anda harus menemui dokter untuk mendapatkan saran terbaik.

Tinggalkan pesanan