Cara Mengatasi Pelupa, Susah Fokus dan Sering Cemas

Cara Mengatasi Pelupa, Susah Fokus dan Sering Cemas

Solusi.org – Cara Mengatasi Pelupa, Susah Fokus dan Sering Cemas. Terkadang beberapa orang memiliki sifat pelupa dalam dirinya, namun sifat pelupa belum tentu juga merupakan sifat yang sudah dialami lama oleh seseorang terkadang sifat pelupa muncul karena berbagai faktor ataupun juga disebabkan karena ganguan hormon. Sifat pelupa erat hubungannya dengan tidak fokus dan mudah cemas. untuk itu kita harus mengetahui cara mengatasi pelupa, susah fokus dan sering cemas, namun terlebih dahulu kita harus mengetahui faktor penyebab orang menjadi sering pelupa sehingga menjadi susah fokus dan sering cemas :

  • Kurang Tidur

    Para ahli kesehatan mengatakan bahwa kurang tidur mengakibatkan seseorang menjadi pelupa. Idealnya tidur membutuhkan waktu 8 jam. Kurang tidur mengakibatkan pandangan menjadi kabur dan susah fokus.

  • Sering Stress dan Depresi

    Mengalami stress sehingga mengakibatkan depresi menyebabkan orang menjadi pelupa. Stress dan depresi menyebabkan tidak dapat berkonsentrasi dengan baik sehingga memblokir memori yang tersimpan di otak.

  • Kehamilan

    Pelupa juga disebabkan oleh faktor kehamilan, mengapa? Karena dalam dunia medis ada yang disebut sebagai Pregnan Brain Frog, dimana kehamilan membuat kacaunya hormon dan membuat otak juga manjadi kacau, itulah mengapa banyak ibu-ibu hamil cenderung lupa terhadap sesuatu dalam dirinya.

  • Merokok dan Minuman Beralkohol

    Sudah barang tentu merokok dan minuman beralkohol sangat tidak baik dan berbahaya bagi kesehatan. Riset menyebutkan bahwa merokok dapat menurunkan kinerja otak dan menyebabkan kesulitan berkonsentrasi dan mudah lupa, sama halnya dengan mengkonsumsi minuman beralkohol. Kecandungan minuman beralkohol menyebabkan kerusakan memori jangka pendek yang kemudian berakibat memori akan benar-benar kosong sehingga mengacaukan konsentrasi dan menyebabkan anda menjadi pelupa.

  • Faktor Penuaan

    Adalah hal yang wajar jika suatu saat kulit menjadi keriput, ketajaman mata hilang dan menurunnya fungsi ingatan pada otak karena faktor umur atau penuaan. Penuaan membuat sel-sel di otak menjadi tua dan menyebabkan mudah lupa, jadi sangat wajar jika banyak orang tua sering menjadi pelupa. Hal itu bukan karena kebiasaan tetapi karena faktor umur.

Setelah membaca artikel diatas maka anda akan mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebab orang menjadi pelupa, susah fokus dan sering cemas menjadi penyebab penting orang menjadi pelupa. Tergangungnya fungsi atau kinerja otak disebabkan oleh hal-hal diatas mengakibatkan orang menjadi susah fokus dan sering cemas sehingga orang menjadi pelupa. Nah berikut Cara Mengatasi Pelupa, Susah Fokus dan Sering Cemas.

Perbanyak mengkonsumsi Kacang-kacangan, dan Ikan

Sejak dahulu para ilmuwan sudah mengajurkan untuk banyak mengkonsumsi ikan sejak dini, sebab dalam ikan terkandung asam lemak omega 3 yang dietahui sangat baik bagi kesehatan otak. Cobalah untuk rajin mengkonsumsi ikan tuna, makarel atau salmon yang memiliki kandungan omega 3 dan omega 6 yang tinggi. Para ahli menyebutkan bahwa orang yang sering merasa cemas sehingga mudah depresi disebabkan karena tubuh kekurangan asam lemak omega 3 dan omega 6.

Merasa lapar juga menjadi penyebab orang menjadi kurang fokus, sehingga manjadi pelupa maka cobalah untuk mengkonsumsi makanana berlemak yang baik sebab menurut riset mengatakan bahwa makanan yang mengandung lemak yang cukup membuat orang akan kenyang lebih lama. Memang banyak orang menhindari mengkonsumsi makanan berlemak karena takut berat badan naik, diketahui bahwa kalori dalam satu gram lemak dua kali lebih banya dibanding satu gram karbohidrat serta protein.

Sering mengkonsumsi makanan yang kurang mengandung lemak juga menyebabkan kulit terlihat kusam dan kering, hal itu disebabkan lemak sehat membantu menyerap vitamin yang larut dalam lemak dari makanan sehingga menjaga kulit tetap lembab dan terlihat bercahaya, oleh sebab itu cobalah untuk mengkonsumsi kacang-kacangan seperti kacang tanah sebab kacang tanah memiliki kandungan lemak baik serta kaya protein, selain itu kacang tanah juga baik dikonsumsi untuk diet.

Selain hal-hal yang sudah disebutkan diatas, cara mengatasi pelupa, susah fokus dan sering cemas yaitu cobalah untuk mengkonsumsi minyak zaitun, sebab diketahui bahwa minyak zaitun sangat bermanfaat membantu memperlancar peredaran darah ke otak serta yang terpenting adalah mengurangi kolesterol jahat dalam darah.

Dari artikel tersebut dapat diketahui bagaimana manfaat memperbanyak mengkonsumsi ikan, kacang-kacangan dan minyak zaitun sebagai cara mengatasi pelupa, susah fokus dan sering cemas, sebab kandungan lemak, omega 3 dan omega 6 serta protein dari ketika makanan tersebut sangat baik untuk mengatasi masalah yang sering dihadapi oleh manusia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Tentang Penulis

“…Menulis seperti memahat sebuah peradaban, semoga selembar artikel yang saya tulis hari ini, bisa jadi menjadi sumber inspirasi bagi jutaan orang di masa yang akan datang.”