Apa Bisa Madu dan Kayu Manis Untuk Mengobati Jerawat? Ini Fakta Ilmiahnya

Solusi.org – Madu dan Kayu Manis Untuk Mengobati Jerawat? Apa Bisa? Sebelumnya, jerawat terjadi ketika folikel rambut di permukaan kulit  di wajah tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Maka kemudian kulit akan merespons dengan benjolan dan benjolan yang kemudian dikenal sebagai jerawat.

Madu, kayu manis, dan Kulit Anda

Jerawat biasanya mempengaruhi wajah, dada, dan punggung Anda, meskipun Anda bisa mendapatkan jerawat hampir di semua bagian tubuh Anda.

Madu Dan Kayu Manis Untuk Mengobati JerawatJerawat tidak hanya menyebabkan tanda pada kulit tapi juga ketidaknyamanan. Bisa juga mempengaruhi suasana hati dan kepercayaan diri didepan orang banyak.

Beberapa benjolan jerawat dapat menyebabkan jaringan parut permanen pada kulit jika tidak diobati. Sebelum pergi ke dokter kulit, beberapa orang memilih beralih ke pengobatan alami untuk membersihkan jerawat mereka.

Banyak orang menggunakan madu dan kayu manis untuk mengobati berjerawat, apakah madu dan kayu manis ini benar-benar berfungsi untuk mengobati jerawat? Apakah ada efek samping menggunakan madu dan kayu manis untuk mengobati jerawat?

Apa manfaat madu dan kayu manis?

Madu Dan Kayu Manis Untuk Mengobati JerawatManfaat Madu

  • Madu dapat membantu mengobati kondisi kulit seperti bisul dan luka bakar.
  • Madu memiliki manfaat obat. Baik kayu manis dan madu memiliki sifat anti-mikroba.
Madu Untuk Pengobatan

Manfaat Madu untuk kesehatan sangat banyak sekali. Madu mendapat perhatian banyak orang sebagai pengobatan alami untuk sejumlah kondisi permasalah kulit. Termasuk bisul, luka biasa, dan luka bakar.

Madu membantu mengobati luka dan menangkal bakteri. Selain itu, madu dapat membantu mengurangi peradangan dan melembabkan kulit sehingga baik untuk penyembuhan.

Kayu Manis Untuk Pengobatan

Kayu manis telah lama digunakan untuk mengobati sejumlah masalah pernapasan dan pencernaan. Dalam beberapa penelitian medis baru-baru ini, kayu manis telah terbukti memiliki potensi anti-mikroba, anti-parasit, anti-oksidan, dan anti-inflamasi pada hewan. Mungkin juga memiliki sifat penyembuhan luka.

Seperti halnya madu, jenis kayu manis tertentu menghasilkan manfaat paling besar. Jenis kayu manis ini disebut Cinnamomum zeylanicum atau “kayu manis sejati.”

Riset Tentang Madu dan Kayu Manis Untuk Mengobati Jerawat

Meskipun madu mungkin baik untuk menyembuhkan luka, tapi efeknya pada jerawat belum jelas. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Semprini (2016) yang dipublikasikan dalam jurnal NCBI, Ada sekitar 136 orang berpartisipasi dalam uji coba secara acak. dengan tujuan mengetahui apakah madu jenis kanuka topikal dapat membantu mengatasi jerawat.

Mereka juga menggunakan sabun antibakteri dua kali sehari. Hasilnya? Hanya 4 dari 53 orang sampel yang menggunakan madu melihat adanya peningkatan yang signifikan dalam mengobati jerawat mereka.

Meskipun penelitian ini menimbulkan potensi manfaat yang dipertanyakan, tetapi terlalu dini untuk mengesampingkan manfaat daru madu. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah madu dapat digunakan secara efektif melawan jerawat.

Kayu manis juga mungkin terdengar seperti bahan alami yang menjanjikan dalam pengobatan jerawat atau kulit. Namun, bukti ilmiah mengenai manfaat kayu manis ini masih kurang saat ini. Diperlukan lebih banyak penelitian sebelum diakui sebagai pengobatan yang efektif untuk jerawat.

Resiko Menggunakan Madu dan Kayu Manis Terhadap Jerawat

Tidak dianjurkan mencoba pengobatan ini jika memiliki alergi terhadap madu atau kayu manis. Jika alergi terhadap madu, mungkin akan mengalami kesulitan menelan atau bernapas.

Jika alergi terhadap kayu manis, mungkin juga mengalami masalah kemerahan pada kulit atau iritasi. Meskipun kebanyakan orang dapat menggunakan madu dan kayu manis tanpa masalah, ada beberapa orang mungkin alergi terhadap kedua bahan tersebut.

Jika alergi terhadap seledri, serbuk sari bunga, atau produk terkait lebah lainnya, Anda mungkin memiliki alergi kulit jika madu yang diterapkan pada kulit.

Bagaimana Cara menggunakan Madu dan Kayu Manis untuk Jerawat

Jika mencari secara online informasi tentang hal ini maka kita akan menemukan berbagai macam resep masker dan perawatan yang menggabungkan madu dan kayu manis untuk mengobati jerawat.

Masker Madu Dan Kayu Manis Untuk Mengobati JerawatBeberapa orang bahkan yakin bahan-bahan ini membersihkan kulit mereka dari jerawat. Cukup campur kedua bahan, madu dan kayu manis.

Panaskan dalam wadah, tapi pastikan tidak terlalu panas, lalu campuran tersebut oleskan di wajah Anda. Biarkan selama 10 menit. Bilas dan keringkan wajah Anda dengan handuk bersih.

Jadi Apa Yang Bisa Dilakukan?

Banyak orang yakin mengobati jerawat menggunakan madu dan kayu manis cukup efektif, namun bukti ilmiah mengenai hal ini masih kurang.

Jika Anda tetap memutuskan untuk mencoba menggunakan madu dan kayu manis ini untuk jerawat maka penting untuk menggunakan madu yang benar-benar asli, gunakan kayu manis yang masih baru.

Jangan ragu untuk mengunjungi dokter jika solusi alami dengan menggunakan madu dan kayu manis tidak efektif untuk masalah jerawat anda. Terutama jika menderita jerawat yang parah. Ingat ada banyak pilihan lain yang tersedia yang dapat membantu.

5/5 (1)

Beri Rating Artikel Ini

Comments
Loading...