Solusi Investasi Emas di Pegadaian, Apa Keuntungannya?

Solusi Investasi Emas di Pegadaian, Apa Keuntungannya?

Solusi.org – Investasi Emas di Pegadaian? Apa Keuntungannya di Masa Depan? Pertanyaan itulah yang banyak ditanyakan oleh orang-orang yang masih awam atau belum mengerti manfaat dari investasi emas di pegadaian. Saat ini investasi merupakan sebuah solusi yang baik bagi keuangan anda di masa depan. Investasi merupakan cara menyimpan sebagian uang pada produk investasi dalam jangka waktu tertentu dengan tujuan mendapatkan keuntungan finansial di masa depan dari modal yang mereka investasikan. Investasi merupakan solusi yang baik bagi banyak orang. Ada banyak produk investasi saat ini seperti investasi saham, reksadan, properti, dan emas), investasi emas merupakan salah satu model investasi yang paling banyak disukai orang sebab nilai dari emas atau logam mulia ini harganya terus menerus naik setiap tahun dan jarang sekali mengalami penurunan.

Saat ini investasi emas sangat mudah dilakukan, Cukup dengan mendatangi kantor pegadaian, Badan usaha milik pemerintah ini kini sudah melayani masyarakat yang ingin menginvestasikan uangnya dalam bentuk emas. Di Pegadaian, layanan yang di tawarkan berupa tabungan atau kepemilikan emas dan bisa dilakukan dengan cara mencicil. Pegadaian sendiri menawarkan produk emas dari perusahaan emas PT. Antam. Berat emas yang ditawarkan sendiri yaitu mulai dari 5 gram sampai dengan 1 kilogram. Dan cicilan tersebut dapat dicicil sampai jangka waktu 36 bulan atau 3 tahun.

Investasi Emas di Pegadaian dan Keuntungannya di Masa Depan

Bagaimana investasi emas di Pegadaian?

Keuntungan Investasi Emas di Pegadaian
  Keuntungan Investasi Emas di Pegadaian
  • Terlebih dahulu lakukan survei harga emas terbaru, anda dapat melihat harga emas terbaru di internet. Cobalah akses situs PT.Antam dan juga logammulia.com. Harga emas di pegadaian biasanya lebih tinggi 3% dari PT. Antam. Kenapa harganya berbeda? Karena Pegadaian membeli emas secara langsung dari PT. Antam sehingga terdapat biaya lain yang akan dibebankan pada emas tersebut.
  • Pilih produk emas yang ada di pegadaian sesuai dengan kondisi keuangan anda. Apakah 5 gr, 10 gr, 25 gr, 100 gr, 250 gram atau bahkan 1 Kilogram emas jika modal anda cukup.
  • Perhatikan persyaratan dalam membeli emas di pegadaian, umumnya pihak pegadaian meminta pesyaratan seperti fotocopy KTP atau identitas lain yang masih berlaku, Fotokopi KK (Kartu Keluarga), kemudian mengisi formulir investasi emas yang diberikan oleh pegadaian dan kemudian menyerahkan uang muka cicilan emas dan terakhir menandatangani surat perjanjian pembelian emas.
  • Adapun uang muka untuk mencicil emas di pegadaian sekitar 20% sampai 30% dari harga emas yang sudah ditetapkan oleh pegadaian. Dan jangan lupa juga menyiapkan uang administrasi ketika melakukan transaksi dalam hal ini mencicil emas di pegadaian.
  • Pilih jangka waktu mencicil yang tidak lama, misalnya setahun atau dua tahun, jangan terlalu lama sebab semakin lama harga emas cicilan tersebut juga semakin mahal.
  • Jika anda tidak membayar tepat waktu selama masa mencicil maka akan ada denda yang dikenakan. Dan jika tidak membayar cicilan emas tersebut maka emas tersebut akan dilelang oleh pegadaian.
  • Tetapi jika membeli emas secara tunai, emas yang dibeli biasanya akan diterima dalam waktu paling cepat dua minggu hingga 1 bulan karena perlu diketahu pegadaian tidak melakukan stok langsung emas tersebut.
  • Kita akan mendapatkan sertifikat dari pegadaian jika kita mencicil emas, dan emasnya akan disimpan oleh pihak pegadaian sementara waktu.

Lalu Apa keuntungan Investasi Emas di Pegadaian?

Ada banyak keuntungan yang didapatkan ketika menabung atau melakukan investasi emas di pegadaian. Keuntungannya sebagai berikut :

Investasi Emas di Pegadaian Apa Keuntungannya

  • Pegadaian merupakan badan usaha milik pemerintah dan lembaga resmi yang mempunyai track record yang baik dalam hal bertransaksi emas. PT. Pegadaian memiliki legalistas dan diakui sehingga tidak mungkin terjadi kasus penipuan investasi emas sebab merupakan lembaga resmi.
  • Emas yang dijual oleh Pegadaian mempunyai sertifikat resmi yang dikeluarkan dari PT. Antam, tetapi pegadaian juga sekarang mengeluarkan produk emas sendiri dengan merk Pegadaian.
  • Pegadaian menyediakan fitur penyimpanan emas dengan harga yang ditawarkan cukup terjangkau.
  • Emas yang dicicil disimpan aman oleh Pegadaian sehingga tidak perlu khawatir emas akan hilang.
  • Emas dapat digadaikan di pegadaian ketika suatu waktu dalam proses mencicil terdapat keperluan yang mendesak. Cicilan dapat dilanjutkan jika anda sudah memiliki uang untuk membayar biaya gadainya.
  • Transaksi emas dipegadaian tidak membutuhkan waktu lama hanya sekitar 15 menit, transaksi emas sudah selesai.
  • Jangka waktu mencicil dapat dipilih sesuai dengan kemampuan, mulai dari 1 bulan hingga 36 bulan atau sekitar 3 tahun.

itulah informasi mengenai bagaimana berinvestasi emas di pegadaian dan keuntungan dari investasi emas yang di pegadaian. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian dan menjadi solusi bagi pembaca yang ingin menginvestasikan modalnya di produuk investasi seperti emas. Selain emas ada banyak produk investasi lain yang bermanfaat seperti saham, reksadana, properti. Semua keputusan kembali lagi kepada kita untuk memilih mana bentuk investasi yang kita inginkan.

Tentang Penulis

"...Menulis seperti memahat sebuah peradaban, semoga selembar artikel yang saya tulis hari ini, bisa jadi menjadi sumber inspirasi bagi jutaan orang di masa yang akan datang."