Ini Penyebab dan Solusi Mengatasi Rambut Rontok

Ini Penyebab dan Solusi Mengatasi Rambut Rontok

Solusi.org – Artikel kali ini akan banyak membahas mengenai Penyebab dan juga Solusi Mengatasi Rambut Rontok. Mempunyai rambut yang sehat merupakan dambaan bagi setiap orang. Perlu diketahui fungsi rambut yaitu menjaga kepala panasnya sinar kepala dan benturan benda keras, juga berfungsi sebagai ‘mahkota’ atau perhiasan bagi sebagian orang khususnya kaum wanita. Rambut merupakan bagian dari tubuh yang paling penting dan sangat dijaga. Dengan rambut yang tertata dengan baik maka akan terlihat cantik dan rupawan. Namun semua itu percuma jika rambut sering mengalami kerontokan hingga kemudian mengalami masalah serius yaitu kebotakan. Banyak orang sangat tidak ingin hal tersebut terjadi. Tetapi percayalah kerontokan rambut dapat di atasi sehingga meminimalisir bahaya kebotakan yang dialami.

Mengenal Bagian-Bagian Penting Dari Rambut

Bagian rambut

Pada dasarnya rambut terdiri dari tiga bagian yaitu ujung rambut, batang rambut dan akar rambut. Ujung rambut ini berbentuk runcing. Bagian ini dapat dilihat pada rambut yang baru tumbuh ataupun juga belum pernah dipotong. Kemudian Batang rambut, bagian ini terdapat di luar kulit dan bentuknya berupa benang-benang halus yang terdiri dari keratin. Kemudian yang terakhir Akar Rambut, ini lokasinya berada di dalam kulit dan terdapat di dalam kantong rambut (folikel).

Penyebab dan Solusi Mengatasi Rambut Rontok

Apa sih penyebab dari kerontokan rambut?

Penyebab Rambut RontokTerlebih dahulu kita harus mengetahui apa saja penyebab dari rambut rontok. Sebenarnya ada banyak faktor penyebab rambut mengalami kerontokan. berikut saya informasikan faktor-faktor atau penyebab mengapa rambut sering rontok :

Faktor Hormon

Perubahan hormon sering dialami oleh manusia, terutama hal in banyak dialami oleh kaum wanita. Misalnya pada saat menstruasi juga pada masa kehamilan. Hormon pada wanita sering mengakibatkan emosi yang berubah-ubah sehingga in menjadi salah satu faktor mengapa rambut sering mengalami kerontokan.

Lingkungan

Ini juga menjadi salah satu faktor mengalami rambut sering mengalami kerontokan. Kondisi lingkungan yang panas akibat sinar matahari yang terlalu terik sehingga menyebabkan kulit rambut menjadi kering. Akibatnya rambut akan mengalami kerontokan.

Genetik

Faktor genetik atau keturunan merupakan salah satu penyebab kerontokan rambut. Dan ini bisa dikatakan sangat sulit untuk disembuhkan.  Ketika salah satu anggota keluarga mengalami kerontokan rambut maka biasa keluarga lain akan mengalaminya juga.

Penggunaan obat-obatan

Penyebab lain mengapa rambut sering mengalami kerontokan karena penggunaan obat-obatan kimia. Konsumsi obat-obatan yang terlalu sering akan menimbulkan efek samping, terutama berefek pada rambut juga pada kosehatan misalnya terjadi gagal ginjal.

Penggunaan Produk Pewarna Rambut.

PEwarna rambutMeskipun banyak orang yang menganggap bahwa mengganti warna rambut akan terlihat keren tetapi jika sering mengganti-ganti warna rambut menggunakan pewarna rambut dapat menyebabkan kerontokan rambut. Mengapa? Karena pewarna rambut terdiri dari campuran bahan kimia yang belum tentu baik untuk kesehatan rambut. Keseringan menggunakan pewarna rambut menyebabkan rambut menjadi kering, patah dan juga rontok. Selain itu sering melakukan rebonding rambut, ini banyak dilakukan oleh wanita sehingga menjadi salah satu faktor mengapa rambut menjadi rontok.

Penyakit

Beberapa penyakit seperti kanker dan juga tumor otak menyebab penyebab utama mengapa rambut mengalami kerontokan parah sehingga menyebabkan kebotakan. Tumor otak dan kanker menyebabkan pertumbuhan rambut menjadi tidak baik.

Makanan

Makanan yang menganduk lemak jenuh yang tinggi dan kandungan minyak yang berlebih dipercaya menjadi salah satu faktor mengapa rambut sering rontok. Selain rambut rontok, makanan yang tidak sehat ini dapat mengganggu kesehatan tubuh salah satunya kolesterol tinggi.

Stress

Banyak ahli kesehatan mengatakan bahwa stress dapat menjadi salah satu faktor mengapa rambut sering rontok. Tidak sehatnya akar rambut menyebabkan pertumbuhan rambut akan mengalami kerapuhan.

Bagaimana mengatasi rambut yang sering rontok?

Cara terbaik mengatasi kerontokan rambut dengan menggunakan bahan-bahan alami. Mengapa? karena dengan menggunakan bahan-bahan alami akan sangat aman dibanding dengan menggunakan produk perawatan rambut yang menggunakan bahan kimia yang belum tentu baik untuk rambut. Salah menggunakan produk perawatan rambut bisa jadi rambut semakin rusak dan tidak terlihat bagus. Berikut beberapa bahan alami yang dapat dicoba sebagai solusi mengatasi rambut rontok :

Lidah Buaya

lidah buayaTanaman satu ini sudah sangat terkenal dengan khasiatnya terutama khasiatnya pada rambut. Tanaman lidah buaya sudah banyak digunakan sebagai bahan-bahan untuk produk kesehatan rambut. Kandungan yang terdapat dalam lidah buaya membantu pertumbuhan sel-sel jaringan pada rambut sehingga rambut menjadi terlihat sehat dan berkilau. Penggunaannya cukup mudah yaitu dengan mengambil tanaman lidah buaya yang cukup besar kemudian belah menjadi dua bagian kemudian ambil dagingnya dan usapkan pada rambut yang mengalami kerontokan. Setelah itu cuci bersih.

Minyak Kemiri

minyak kemiriMinyak kemiri ini dari zaman dahulu sudah sangat terkenal manfaatnya untuk kesehatan rambut selain tanaman lidah buaya. Para orang tua pada zaman dahulu sangat percaya bahwa minyak kemiri khasiatnya sangat baik pada kesehatan rambut. Untuk mendapatkannya pun sangat mudah sekali, banyak produk minyak kemiri yang dikemas dalam kemasan botol dan untuk penggunaanya cukup usapkan pada rambut selain rambut terlihat menjadi lebih rapi dan bercahaya juga menjadikan rambut terlihat sehat.

Minyak Zaitun

minyak zaitunBanyak orang sangat percaya khasiat minyak zaitun bagi rambut. Dan mniyak zaitun merupakan salah satu solusi mengatasi rambut rontok. Mengapa? sebab kandungan nutrisi yang terdapat dalam minya zaitun sangat baik untuk menyuburkan rambut dan juga melembutkan rambut seperti minyak kemiri. Cukup oleskan minyak zaitun pada rambut secara rutin Dan untuk mendapatkan minyak zaitun cukup mudah sebab banyak tersedia di pasar tradisional dan juga supermarket. harganya juga cukup murah.

Jeruk Nipis

jeruk nipisJeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang dipercaya sangat baik untuk kesehatan dan kekuatan rambut. Ini juga merupakan salah satu solusi untuk mengatasi rambut rontok. Banyak produk kesehatan menjadikan jeruk nipis sebagai bahan untuk produk perawatan rambutnya. Jeruk nipis juga membantu untuk mengatasi rambut berketombe. Cukup dengan potongan jeruk nipis kemudian oleskan ke kulit rambut dan diamkan selama bebrapa jam setelah itu bilas dengan air bersih. Cara ini sangat baik dilakukan pada malam hari.

Madu

maduMadu merupakan bahan alami yang paling banyak manfaatnya bagi manusia. Madu memiliki kandungan yang dipercaya dapat menumbuhkan rambut dan mencegah kerontokan rambut. Cukup dengan mengoleskan sedikit madu ke kulit rambut dan kemudian lakukan pijatan secara merata, kemudian diamkan selama 15 menit dan setelah itu bilas dengan menggunakan shampo sampai bersih.

Baca juga : Ketahui Manfaat Penting Madu Bagi Kesehatan

Itulah sedikit informasi mengenai peneybab dan solusi mengatasi rambut rontok. Sebenarnya ada banyak produk alami yang dapat dijadikan bahan untuk mengobati kerontokan rambut rambut, namun bahan alami yang sudah disebutkan diatas sudah bisa dijadikan sebagai jawaban untuk mengatasi masalah anda. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Tentang Penulis

"...Menulis seperti memahat sebuah peradaban, semoga selembar artikel yang saya tulis hari ini, bisa jadi menjadi sumber inspirasi bagi jutaan orang di masa yang akan datang."