Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Yang Luar Biasa

Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Yang Luar Biasa

Di artikel kali ini, saya akan mengajak pembaca untuk mengetahui apa itu buah naga dan manfaat buah naga bagi kesehatan. Nama asli buah ini yaitu buah potaya yang dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan nama Buah Naga karena bentuknya yang khas. Buah naga ini asalnya dari Meksiko, dan banyak di kembangkan di Amerika tengah dan Amerika Selatan. Mengenai nama buah ‘Naga’ atau ‘Dragon Fruit’ itu diambil dari kepercayaan orang vietnam yang percaya bahwa buah ini sangat diberkahi oleh dewa. Masyarakat Vietnam selalu menaruh buah ini diantara dua buah patung naga sehingga kemudian buah ini dikenal dengan nama buah naga atau ‘dragon fruit’.

Bagaimana Kandungan Vitamin Dalam Buah Naga?

Daging Buah Naga

Buah naga atau ‘Dragon fruit’ memiliki bentuk yang unik dan memiliki daging buah yang berwarna putih dan rasanya manis. Yang perlu diketahui ada empat macam buah naga yang pertama yaitu buah naga yang memiliki kulit berwarna merah muda dan memiliki daging buah berwarna merah dan kemudian terdapat juga buah naga yang memiliki kulit berwarna merah namun memiliki daging berwarna putih namun pada dasarnya buah tersebut memiliki manfaat yang sama bagi kesehatan.

Dalam buah naga sangat kaya akan air selain itu, buah naga juga mengandung protein dan karbohidrat serta serat yang sangat tinggi. Dalam buah naga juga terdapat berbagai macam vitamin yang baik untuk tubuh sepertu Vitamin B1, Vitamin B2 dan B3 dan Vitamin C yang tiga kali lebih banyak dibanding buah wortel. Selain itu juga terdapat Kalsium dan juga zink atau besi yang cukup baik untuk pertumbuhan tulang.

Apa Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan?

Banyak orang yang bertanya-tanya apa sih manfaat dari buah ajaib ini? Buah naga banyak sekali memiliki manfaat bagi kesehatan jika rajin dikonsumsi setiap hari mengingat kandungan dalam buah naga yang memiliki banyak vitamin dan mineral seperti yang sudah dijelaskan diatas. Berikut manfaatnya dari buah naga tersebut :

Buah naga merah banyak digunakan konsumsi sebagai pelengkap jika sedang melakukan program diet
. Buah ini baik untuk melancarkan diet, sebab kandungan serat dan kalori yang sangat rendah yang terdapat dalam buah tersebut. Jika dikonsumsi, maka orang akan merasa kenyang lebih lama karena kandungan seratnya yang tinggi yang membnatu tubuh tetap kuat selama masa diet dan juga meningkatkan metabolisme tubuh.

Buah naga sangat baik dikonsumsi untuk membantu menajaga kesehatan tulang. Selain minum susu sangat dianjurkan juga untuk mengkonsumsi buah naga, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kandungan kalsium yang tinggi dalam buah naga sangat bagi bagi kesehatan tulang bahka FAO sebagai badan pangan dunia menjelaskan bahwa dalam buah naga terdapat kandungan fosfor dan juga kalsium yang tinggi. Sehingga tidak perlu ragu untuk mengkonsumsinya terutama untuk mencegah penyakit tulang atau osteoporosis.

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa Buah naga sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang memiliki penyakit jantung. Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan bagi manusia. Konsumsi buah naga secara rutin dapat mencegah resiko penyakit jantung.

Buah naga dapat mencegah penyakit Kanker. Kanker merupakan slah satu penyakit yang paling berbahaya dan juga sulit disembuhkan. Butuh biaya yang banyak untuk menyembuahkan penyakit ini. Konsumsi buah naga secara rutin meruapakan salah satu jalan untuk mencegah terkena penyakit kanker. Mengapa? karena antioksidan dalam buah naga memang sangat efektif dan sudah terbukti mencegah penyakit kanker yang berbahaya.

Baca Juga : Khasiat dan Manfaat Semut Jepang

Buah Naga Mencegah Penyakit Jantung. Penyakit kanker banyak sekali jenisnya, dan penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit yang sulit untuk disembuhkan. Nah, ketimbang harus menyembuhkan kanker yang biayanya pasti sangat mahal, tidak ada salahnya jika kita mencegahnya terlebih dahulu. Mengonsumsi buah naga merah secara rutin adalah salah satu cara efektif untuk mencegah kanker. Hal ini dikarenakan buah naga mengandung antioksidan, di mana antioksidan sendiri memang terbukti efektif untuk mencegah dan mengurangi risiko kanker.

Buah Naga Untuk Mengobati Diabetes. Kandungan vitamin B3 dalam buah naga cukup baik dalam hal mengurangi dan menstabilkan kadar gula darah yang ada didalam tubuh. Meskipun diabetes banyak disebabkan oleh berbagai macam penyebab salah satunya misalnya yaitu faktor keturunan namun tak ada salahnya untuk rajin mengkonsumsi buah naga untuk meminimalkan resiko terkena penyakit diabetes. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan yang lain?

Pohon dari Buah NagaSalah satu manfaat lain dari buah naga yang cukup penting yaitu buah naga sangat berguna untuk bayi. Mengapa? Konsumsi buah naga oleh bayi akan meningkatkan sistem imun dari bayi. Selain itu kandungan vitamin yang banyak dan juga mineral akan meningkatkan kinerja otak si buah hati sehingga menjadi lebih cerdas. Tekstur yang lembut dari daging buah naga sehingga baik untuk diberikan ke dalam makanan bayi. Cukup mencampurkannya dengan pisang dan juga susu sehingga menjadi bubur yang sehat bagi si buah hati.

Nah, itulah penjelasan yang ringkas mengenai buah naga dan manfaat buah naga bagi kesehatan yang luar biasa. Sebenarnya masih banyak manfaat lain dari buah tersebut. Tidak perlu takut untuk mengkonsumsi buah naga sebab buah ini memiliki rasa yang manis saat dikonsumsi. Seoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. 🙂

Tentang Penulis

"...Menulis seperti memahat sebuah peradaban, semoga selembar artikel yang saya tulis hari ini, bisa jadi menjadi sumber inspirasi bagi jutaan orang di masa yang akan datang."