Ketahui Manfaat Penting Madu Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Penting Madu Bagi Kesehatan

Madu merupakan salah satu sumber makanan yang bisa dikatakan paling bermanfaat bagi manusia terutama untuk nejaga kesehatan. Madu berbentuk cairan seperti sirup dan memiliki rasa yang manis yang di hasilkan oleh serangga lebah dari nektar bunga. Sejak dahulu, orang-orang tua banyak menggunakan madu sebagai bahan makanan dan juga sebagai obat-obatan. Bahkan dalam Alquran juga menjelaskan manfaat madu :

[junkie-alert style=”yellow”] …Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah, “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia,” kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.” – (QS. An-Nahl: 68-69)” [/junkie-alert]

Kandungan Madu
Sebagai salah satu sumber makanan yang cukup penting, madu sendiri memiliki banyak kandungan penting yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan madu seperti Glukosa dan fruktosa kemudian juga mengandung mineral seperti natrium, belerang, fosfat, kalsium, kalium serta magnesium. Kandungan Vitamin dalam Madu sendiri sangat banyak seperti Vitamin B1, B2, B3, B6 serta Vitamin C namun komposisi ini dapat berubah-ubah tergantung dari kualitas nektar dan serbuk sari bungayang diambil oleh lebah. Dalam madu juga terdapat sejumlah kecil yodium, hormon, zink, serta tembaga. Maka dari penjelasan tadi tak heran jika madu memang sangat bermanfaat bagi manusia.

Fakta Mengenai Lebah Madu
Sebelum mengetahui manfaat dari madu, berikut beberapa fakta penting yang perlu diketahui mengenai lebah madu.

  • Lebah madu merupakan satu-satunya serangga yang memproduksi makanan yang kemudian dikonsumsi oleh manusia.
  • lebah madu hanya dapat menggunakan sengatannya sekali kemudian setelah itu akan mati, 1.100 sengatan lebah madu dapat berakibat kematian bagi manusia. Lebah hanya menggunakan sengatannnya hanya ketika ia terancam.
  • Dalam sengatan lebah terdapat racun dan membuat rasa nyeri, jika orang yang disengat memiliki alergi terhadap sengatan lebah maka akibatya sangat fatal. Meskipun begitu banyak orang menggunakan sengatan lebah sebagai terapi untuk menyembuhkan masalah neuralgia dan artritis.
  • Lebah madu hanya dapat menghasilkan 0,81 gram madu selama ia hidup. Dan dalam satu koloni lebah mampu menghasilkan 33 Kg serbuk sari setiap tahun.
  • Lebah madu dapat terbang dengan kecepatan 23 km/jam, dengan daya jelajah 10 kilometer untuk mengumpulkan nektar bunga.
  • Rentang hidup lebah madu sekitar 6-8 minggu, dan semua pekerjaan yang ada di koloni lebah dilakukan oleh lebah betina.

Manfaat Madu
Madu diketahui memiliki banyak manfaat bagi manusia, selain untuk digunakan untuk bahan makanan, dan pengobatan, madu juga banyak digunakan sebagai bahan kecantikan bagi manusia.

  • Dengan campuran madu dan perasan lemon, kombinasi keduanya dapat mengobati penyakit tenggorokan.
  • Madu juga dapat mengobati luka infeksi, ini sangat aman sebab dalam madu mikroba tidak dapat hidup, cukup oleskan madu pada bagian kulit yang luka.
  • Campuran madu dengan bubuk kayu manis dapat menghilangkan jerawat, cukup oleskan secara rutin sebelum tidur dan kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. Selain itu campuran madu dan kayu manis sendiri diketahui mengurangi resiko penyakit jantung, serta kolesterol, jika rajin dikonsumsi setiap hari.
  • Madu sendiri dapat memutihkan wajah, cukup campurkan satu sendok teh madu dengan satu sendok susu bubuk. Kemudian oleskan di wajah dan diamkan beberapa lama, setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih.
  • Campuran madu dan minyak zaitun dapat membantu kesehatan rambut, cukup campur dan oleskan di kulit kepala kemudian diamkan beberapa lama kemudian keramas dengan shampo dan bila hingga benar-benar bersih.

Itulah informasi seputar madu serta manfaat pentingnya bagi kesehatan, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian sebagai informasi atau bahan referensi pengetahuan. Semoga dapat bermanfaat. Salam Sukses.

Tentang Penulis

"...Menulis seperti memahat sebuah peradaban, semoga selembar artikel yang saya tulis hari ini, bisa jadi menjadi sumber inspirasi bagi jutaan orang di masa yang akan datang."